Syeikh Ali Jaber, Pendakwah Asal Madinah yang Fasih Bahasa Indonesia

ALMADANI.ID Indonesia kembali kehilangan tokoh berkarisma Syeikh Ali Jaber yang meninggal di RS Yarsi sekitar pukul 09.00 WIB.
Syekh Ali Jaber yang memiliki nama lengkap Ali Saleh Muhammad Ali Jaber merupakan pendakwah dan ulama asal Madinah yang berkewarnegaraan Indonesia.
Syeikh Ali Jaber lahir di Madinah, Arab Saudi pada 3 Februari 1976 atau dalam penanggalan Hijriah bertepatan dengan 3 Shafar 1396 H.

Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan formal dari ibtidaiyah hingga Aliyah di Madinah. Usai lulus sekolah menengah, ia melanjutkan pendidikan khusus pendalaman Alquran pada tokoh dan ulama ternama di Arab Saudi.

Sejak tahun 2008, Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2012.

Ali Saleh Muhammad Ali Jaber merupakan sulung dari 12 bersaudara yang lahir di Madinah, Arab Saudi.
Syekh Ali Jaber sejak kecil telah mendapat bimbingan agama dari sang ayah.
Ayahnya adalah seorang penceramah agama yang mengharapkan Ali Jaber sebagai anak pertama, bisa seperti dirinya.

Pada 13 September 2020, Syekh Ali Jaber ditikam oleh orang yang tidak dikenal saat berceramah di Masjid Falahuddin, Sukajawa, Bandar Lampung. Akibatnya, ia mengalami luka tusuk bagian lengan kanan. Tersangka atas nama Alfin Andrian, kelahiran 1 April 1996 ini berhasil diamankan.

Syekh kemudian semakin dikagumi masyarakat Indonesia karena beliau justru meminta maaf kepada pelaku penusukan karena tidak bisa menyelamatkannya dari amukan massa.

Belum lama ini, Syekh Ali Jaber dilaporkan terinfeksi Covid-19 dan sempat dirawat secara intensif. Kamis, 14 Januari 2021, Syekh Ali Jaber Meninggal di RS Yarsi.

Artikel Obituari ini dikutip dan pernah tayang di AyoCirebon.Com