Al-Madani didirikan pada tanggal 26 juni 2006 di Mamben Lauk, Wanasaba, Lombok Timur. Pada awalnya Al-Madani bermula dari Panti Asuhan Duafa’ul Muslimin yang didedikasikan dan dikembangkan untuk masyarakat kurang mampu di Pulau Lombok yang ingin belajar agama. Seiring berkembangnya waktu, Pendiri sekaligus ketua Yayasan Al-Madani, TGH. Fauzan Zakaria, Lc., M.Si, bersama beberapa aktivis muda saat itu meresmikan Al-Madani sebagai pesantren dibawah naungan yayasan Al-Madani.

Pada tahun 2006, SMP IT Al-Madani diresmikan sebagai sekolah formal pertama Al-Madani. Jumlah santri yang mendaftar melebihi kuota yang seharusnya diterima. Santri yang mendaftar berasal dari hampir seluruh pulau Lombok, baik Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

Pada tahun 2007, untuk pertama kalinya Al-Madani membuka program beasiswa Al-Madani Fellowship yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi dan kurang mampu di Nusa Tenggara Barat. Jumlah santri yang semakin banyak dengan berbagai tingkatan, membuat Al-Madani membuka sekolah baru tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan, bernama SMK Islam Terpadu Al-Madani.

Tahun 2007-2010 Al-Madani melakukan pembinaan dalam bentuk menelaah dan melakukan pendalaman mata pelajaran dan Bimbingan Penyuluhan kepada para siswa guru dari berbagai jurusan. Alhamdulillah, Sembilan puluh persen peserta yang sebagian besar berlatarbelakang ilmu umum dan pengalaman organisasi keislaman yang baik bertahan dan menjadi pembina di Pondok Pesantren Al-Madani. Bahkan guru-guru (Baca: Ustad, red) tidak hanya berasal dari Pulau Lombok, namun juga dari Sumbawa dan daerah-daerah lainnya di Indonesia, seperti Garut, Bogor, Jakarta, hingga daerah Sumatra dan Kalimantan. Selain itu, para guru tersebut tidak hanya berasal dari kampus yang ada di Lombok, namun dari kampus-kampus ternama yang ada di Indonesia hingga luar negeri, seperti Mesir, Madinah, Yaman, Makkah, Riyadh, Lebanon, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2010, inilah alumni pertama Al-Madani diresmikan sebagai lulusan Al-Madani. Di umur yang masih terbilang muda, Al-Madani mengambil langkah pasti dengan mendirikan TK IT Al-Madani, SD IT Al-Madani, serta Ma’had Aly Al-Madani. Untuk pertama kalinya juga, Al-Madani membuka 2 jurusan baru bagi SMK IT Al-Madani, yaitu Teknik Komputer Jaringan dan Otomotif. Dimana pada awalnya hanya terdiri dari 1 jurusan, yaitu Agribisnis Ternak Ruminansia.

Hingga saat ini, Al-Madani terus berkembang dengan santri putra dan putri yang cukup berprestasi baik di tingkat kabupaten hingga ke tingkat nasional. Dari menjuarai Pertandingan Beladiri, Cerdas Cermat, Olimpiade Al-Quran, Olimpiade Matematika dan IPA, Hingga Musabaqoh.

Tidak Hanya itu, Alumni Al-Madani juga tidak dapat dipandang sebelah mata, saat ini tercatat sudah banyak alumni al-madani yang sukses pada bidangnya masing-masing, dari bidang pendidikan, ekonomi, agama, eksyar, teknologi, politik, peternakan, dan lain sebagainya. Mereka semua tidak hanya bersaing di tingkat nasional bahkan hingga tingkat International dengan mengikuti berbagai kegiatan di Eropa hingga Amerika.

VISI KAMI

Menjadi lembaga pendidikan berkualitas sebagai kontributor terdepan dalam mencetak generasi muda Islam yang mampu membawa umat, agama, dan bangsa pada kejayaannya.

VISI KAMI

Menyiapkan generasi Qurani yang hafal alqur’an dan hadits serta mampu berkomunikasi dengan bahasa international. Transformasi ilmu pengetahuan dan bahasa.